Dipola

Weblog tempat interaksi, aktualisasi dan kontemplasi diri

Faktor Sukses Bisnis Online

Apa kunci untuk memenangkan bisnis online? Apa factor terpenting yang mempengaruhi kesuksesan pengusaha online? Setiap pengusaha online memiliki faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan mereka. Tapi ada satu faktor yang harus ditaklukkan sebelum Anda dapat melanjutkan dalam bisnis online.

Salah satu faktor terbesar keberhasilan pengusaha online adalah Pikiran si Pengusaha. Gunakan pikiran Anda untuk mengalahkan ketakutan dalam berbisnis online. Ketika Anda memahami rasa takut anda sendiri, maka anda akan menjadi kuat dan tanpa anda sadari semua pikiran-pikiran anda saling mendukung satu sama lain, mengarah menuju tujuan utama bisnis anda. Hal ini sebetulnya sering terjadi, ketika seseorang dihadapkan pada persoalan-persoalan hidup yang sangat mendesak sekali (urgent, darurat),  secara insting setiap individu akan mengatasinya tanpa rasa takut. Semua energi dan pikirannya tereksplor tanpa hambatan Takut adalah pengganggu terbesar dalam pikiran Anda dan tidak memberi manfaat nyata.

Ketika rasa takut menguasai hidup kita, maka keselamatan akan menjadi prioritas utama dalam setiap gerak langkah kita. Apakah Anda termasuk orang yang membiarkan rasa takut itu selalu mendikte apa yang anda lakukan dalam kehidupan dan bisnis anda sehari-hari? Pikirkanlah obyek-obyek yang dapat membantu menghilangkan rasa takut dari pikiran anda dalam mengelola bisnis online anda dengan benar dan efektif. Pikirkan betapa ketakutan sering menjadi faktor dominan yang mempengaruhi keputusan-keputusan dalam berbisnis. Faktor penentu kegagalan sering bermula dari rangkaian cerita di angan-angan yang menciptakan ketakutan dan keragu-raguan. Ketika hal itu telah mengkontaminasi pola pikir, maka akan mempengaruhi sebagian alternatif produktivitas kita yang seharusnya fokus ke tujuan bisnis dan akhirnya akan menghancurkan bisnis kami.

Ketakutan bukan tidak ada manfaatnya, pada proporsi yang tepat ketakutan adalah alat pengontrol, karena berarti kehati-hatian dan waspada. Namun pada kondisi yang berlebihan maka berarti paranoid atau basa gawulnya cemen…. Untuk menang kita harus menyadari sepenuhnya bahwa rasa takut dan gambaran kegagalan itu hanya bayangan dalam diri kita. Manfaatkan ketakutan yang ada dalam pikiran kita, untuk memahami titik-titik terlemah diri sendiri dan segera tuliskan ketakutan Anda secara detail dibuku saku anda. Dan secara psikis dengan menuliskannya di buku, seakan anda sudah separuh mengatasi rasa takut anda, cara ini biasanya bisa mendongkrak pola pikir kita bangkit dari keadaan yang paranoid ke zona aman pada saat kita memikirkan resiko usaha kita. Timbul keberanian menghadapi ketakutan diri dan tidak pernah kembali ke bawah atau langkah mundur.

Setelah Anda mengakui dan memahami ketakutan bikinan anda sendiri, kemudian hancurkanlah mereka. Apakah semudah itu? Tidak laah….! Namun jika anda berniat dan tetap maju maka anda kemungkinan akan terheran-heran sendiri dengan hasil yang anda peroleh. Oh my God… ternyata aku bisa..!! Batasan dan daya tahan mental seseorang perlu dilatih dan selalu menyesuaikan dengan batas maksimal yang pernah dialaminya. Anda takut akan kegelapan, suatu ketika dengan terpaksa anda harus sendiri di dalam kegelapan dan dalam jangka waktu yang tak menentu, dan anda berhasil bertahan dan sedikit demi sedikit beradaptasi dengan ketakutan anda, maka ketika anda kembali ke dunia terang anda sudah tidak merasa takut dengan kegelapan lagi. Maka usaha kecil apa pun untuk menhancurkan ketakutan anda, semua itu laksana anda tengah mendobrak tembok tebal yang selama ini menakutkan dan mengungkung anda, kemudian akan muncul tembok lainnya lagi yang perlu anda taklukkan secara bertahap.

Langkah-langkah yang mungkin bisa membantu anda :

Identifikasi, tuliskan dan pelajari semua kelemahan anda, karena biasanya ketakutan timbul karena kelemahan kita sendiri! Fokus pada tujuan awal, hal itu akan membantu memvisualisasikan Anda untuk memecah ketakutan. Sesekali buat perencanaan jangka panjang di luar perencanaan yang sudah ada. Namun jika paranoidnya terlalu kuat, atau perencanaan jangka panjangnya terlalu sukar untuk dicapai maka, fleksibel saja – Fokus pada penghalang-penghalang kecil di depan anda saja, tanpa anda sadari selangkah demi selangkah anda tengah menuju kesuksesan.

Cara berfikir Anda menangani rasa takut, akan menentukan kesuksesan anda. Jadi untuk menghancurkan rasa takut Anda, bersikap dan berfikirlah dinamis dalam menggunakan dan mengelola faktor-faktor kesuksesan anda sebagai pengusaha tersebut. Selalu menyadari bahwa penghalang terbesar adalah adalah pikiran Anda sendiri. Ketakutan bisa menghancurkan usaha anda kapan saja! Maka gunakan pikiran Anda untuk mengalahkannya!

Filed under: Bisnis, Motivasi, Psikologi, Tips, ,

6 Responses

  1. PRof berkata:

    Rasa takut selalu menggelanyut setiap ingin memasuki dunia bisinis OL

  2. suryaden berkata:

    seneng templite ae.. grid fokus gitu loh 😀

  3. bluethunderheart berkata:

    artikel yg baik dan blue senang membacanya
    salam hangat dari blue

  4. Mymusic berkata:

    thanks infonya mas…. 🙂

  5. johnjunior berkata:

    Nice info gan..jangan lupa mampir ya^^

  6. Artikel Internet berkata:

    Thanks shareY..,info yang sangat membantu. salam kenal

Tinggalkan komentar